Rabu, 24 November 2010

Plagiat?!

Memang sepertinya berita ini sudah sangat "basi".. tapi jujur aku baru tahu.... =_=
hehehe...

Kali ini aku mau ngebahas tentang fenomena plagiat, yang bikin aku kecewa fenomena ini di negara aku sendiri, Indonesia. Aku ngepost begini karena jujur aku sangat kesal dengan aksi plagiat ini... namun sekalian disini mau aku bahas juga jangan ngejudge semuannya plagiat. Ada beberapa juga yang harus dikasih kepercayaan mereka bukan plagiat namun terinspirasi...


1. Plagiat Wonder Girls, 5 Bidadari

Tentunya kalian pasti udah tahu dengan "Girl Band Indonesia" katanya... yang bernama 5 Bidadari, adalah plagiat dari Wonder Girls. Heiii semua.. Kalian tahukan kalau WG yang mempopulerkan lagu Nobody, dan MVnya seperti apa.. dan girl band plagiat ini 100% jiplak MV dari Nobody. hahahah pertama kali aku lihat ini di kelas bersama teman-teman. Waktu ngeliat video clipnya 5 Bidadari yang berjudul aku atau dia, aku ngeliatnya kaykanya kenal sama part-part di video clip ini. EH.... Aku baru inget ternyata ini 100% jiplakk!!!!! 

HAHHAHAHAHA.... 

Kalian harus lihat. Aku dan teman-temanku ngakak banget waktu ngeliat ini Video clip yang jiplak banget tapi ga bisa nyaingin.. alias jelek banget!!

5 Bidadari - Aku atau Dia

ini foto-foto perbandingan antara Wonder Girls dan 5 Bidadari


Gambar-gambar ini dari : Asian Fans Club


2. Plagiat SNSD, String

kalian pasti tahu dengan String. Pasti tau deh.. soalnya Video Clipnya String pernah diputer di salah satu music show di channel dalam negeri. lagu pertama String ini Honey Bunny Sweety.. 
Mereka suara pas-pasan, dan ga bisa dance maksa dance... dan kalian tahu, ternyata di video clip mereka yang baru mereka plagiat dari SNSD!!
Mereka tidak sadar diri... Bisa-bisanya plagiat SNSD yang akhir-akhir ini sedang booming banget... Jelas mereka kebanting lah...... Bisa-bisanya mereka plagiatin 3 MV SNSD sekaligus yang Run Devil Run, Gee, OH, Genie. Paraaaaaahhh bangettt....

sebenarnya aku enggak suka melihat foto plagiat yang satu ini, tapi ku tampilkan aja.... =_=


Niruin Run Devil Run tapi enggak sukses. ckckck... dasarrr....

Niruin Oh, Tapi SANGAT gagal
Niruin Gee, Ga bisa... 
SANGAT NIRUIN GENIE SNSD.... Cuiiihhh SNSD disamain sama mereka
Gambar dari : Asian Fans Club

3. Plagiat FT Island, Geisha

Yahhh... bisa dibilang kalau Geisha tidak separah dari 2 plagiat yang diatas lainnya. Mereka menjiplak cover album, tapii.... KENAPA MESTI FT ISLAND??? Aku sukkkaaa banget sama FT Island... 
Cover album Geisha mengikuti cover FT Island. mungkin sebagian orang ngomong kalau, "ah itu cuma kebetulan jangan disama-samain lah...."
Tapi itu kalau cuma latar belakangnya doang mungkin aku masih bisa berfikiran kayak gitu... tapi masalahnya semua posisi orang yang ada di foto sama persis dengan yang di FT Island, gaya yang di foto Geisha sama persis sama FT Island, maksudnya apa coba??

Gambar dari : Asian Fans Club


4. Plagiat Bigbang dan DBSK, Mosquito Band

Nah yang satu ini kasusnya sama dengan cover album Geisha tadi.... mereka mengikuti gaya dari Bigbang dan DBSK dalam suatu foto. Mending kalau cuma "mirip-mirip dikit" tapi.. mereka "benar-benar mirip" 
ckckckck... kalau mau jadikan artis yang disenangi sebagai bahan refrensi buat jadi lebih baik jangan jadikan plagiat dari mereka... ckckckck....

Atas kiri : Bigbang ; kanan : DBSK
Bawah : Mosquito Band
Gambar dari :Asian Fans Club

coba kaliat lihat dengan seksama, kalau mosquito memakai baju yang sama persis dengan bigbang dan DBSK. Untuk Big bang sangat jelaskan kesamaannya... bajunya, gayanya.... semuanya.... ckckkckck

Dari semua yang udah disebutin mungkin masih banyak lagi di negara kita maupun luar yang saling mengikuti artis lain yang udah duluan ada. Tapi kita tidak bisa menjudge kalau semuanya meniru.

contoh : SM*SH (dibaca SMASH)


Banyak orang yang mengatakan kalau SMASH mengikuti boyband asal negeri gingseng seperti plagiat-plagiat yang diatas, namun memangnya benar? Siapa tahu mereka menjadikan boyband negeri gingseng tersebut sebagai refrensi seperti yang udah aku sebutin. Jangan main hakim sendiri. 
Kalau mereka mau berkarya, berkaryalah jangan dijatuhkan. kita jangan menjatuhkan sebelum kita tahu mereka benar-benar jiplak misalnya. Kalau mereka memang menjiplak, suatu saat pasti bakalan kebongkar.
Aku lihat banyak yang memberikan respon negatif di video clip mereka, tapi jangan asal sembarangan. Mereka ingin membuat Indonesia memiliki boyband seperti negara lain, supaya musik di Indonesia jadi beragam. dari pada memaki mendingan kita mencoba dukung mereka dulu... OK?! ^^

maaf ya kalau ada salah kata....

4 komentar:

  1. Nah... sudah tau banyak plagiat kan...
    Kita saja jadi orang yang bener, kalau mencintai negara luar, dan budaya luar jangan kita paksakan dinegara sendiri, dan kita buat karya yang sangat menjiplak, justru sebaliknya.

    Buatlah karya yang berhubungan dengan dunia luar, budaya luar semisal korea, jepang, inggris dan lain sebagainya, lalu kita bekerjasama dengan orang lokal korea, jepang, dan inggris misalnya, untuk mewujudkan karya kita itu dalam film? drama? atau bahkan film,

    Mereka orang luar negri yang kita cintai budayanya, tidak akan marah kalau kita membuat sebuah karya yang berhubungan dengan negara yang mereka cintai, malah... mereka siap membantu dengan senang hati. Coba saja ^_^

    Aku sudah mencoba ^_^ dan mereka banyak membantuku dalam membuat sebuah karya. ^_^

    BalasHapus
  2. waaahh... udah bikin karya yang dibantu orang luar? hebat bangeeettt... >.<

    aku juga setuju, supaya tidak menjiplak karya negara orang lain. kayak di Indonesia banyak sinetron yang menjiplak atau mengadaptasi dari karya drama korea, jepang. ckckckck....

    BalasHapus
  3. cek lagu i heart u by sm*sh indonesia. plagiat lagu 1tym - without u ....
    cari dan dengerin yang bener ^^

    BalasHapus
  4. iya aku juga udah sering banget denger.
    Awal-awal jujur aku ngedukung sm*sh. tapi kalau dipikir sekarang... udah engga lagi.. hehhe ada yang baru dan kemungkinan lebih meyakinkan (sepertinya)...
    Baca postingan yang terbaru ya.. hehe

    BalasHapus